New Website www.trend-traders.com

Website baru dengan
bisa dibuka di:
http://trend-traders.com/

The Trend Trader

The Trend Trader

Minggu, 21 Desember 2008

The Spiritual Trader (FAST Trader)

Hari ini dapat undangan mendadak untuk ngobrol2 bareng-bareng Pak Imran (Praktisi Wave Analysis) & Pak Yusuf (Ketua AATI).

Mendengar sharing banyak hal dari senior-senior yang 20 tahun lebih berkecimpung dalam dunia teknikal analisis baik nasional maupun internasional membuat saya semakin sadar, ada banyak hal-hal yang harus saya pelajari. Kata demi kata dan berbagai masalah yang dibahas membuka mata saya bahwa belajar "Trading" dan teknikal analisis adalah seperti belajar tentang hidup sendiri.

Berani Jujur terhadap diri sendiri adalah permasalahan utama dalam trading,dengan jujur terhadap diri kita sendiri akan banyak membuka misteri-misteri yang selama ini terlihat gelap. Bersih dalam hati, pikiran dan perbuatan adalah hal-hal yang sangat dekat dengan kehidupan seorang trader.

Satu hal yang harus saya akui untuk diri saya sendiri adalah, ternyata saya masih begitu lemah & masih harus banyak belajar lagi untuk membersihkan hati, pikiran dan perbuatan.
Setelah merenung sekian lama akhirnya saya berani untuk berkata jujur bahwa secara psikologis trading ternyata saya sedang "sakit", obrolan-obrolan sore tadi setidaknya telah membuat saya menjadi sedikit "waras" walaupun sebenarnya masih jauh dari arti "waras" yang sebenarnya.

Yah psikologi itu menjadi sakit ketika
1. Trading seolah-olah menjadi candu yang menempel badan kita atau
2. Trading justru membuat fisik kita menjadi sakit (deg-degan dsbnya)
3. Teknikal analisis membuat kita menjadi over confidence sehingga kita menjadi melupakan stop loss.
4. Tidak tahu alasan kenapa kita entry ke market dan kenapa kita bisa profit atau kenapa loss

Tidak ada hal lain yang bisa menyembuhkan ketiga penyakit diatas kecuali kembali berserah diri kepada sang Khaliq, berani untuk jujur bahwa kita lemah dan mulai membersihkan hati dan pikiran kita.

Trading adalah bagian dari realita bukan untuk dihindari, tapi untuk dihadapi dan untuk menghadapi kita harus mengambil keputusan secara bijak. Ketika kita bisa memahami alasan kenapa kita menang Insya Allah kita akan bisa mengulang kesuksesan itu, tapi ketika kita bahkan tidak tahu alasan kenapa kita bisa kalah, maka kita tidak akan pernah menang.

Ketahuilah alasan-alasan kenapa kita menang atau kalah dalam setiap trading kita!Jadikan setiap trading yang kita lakukan benar-benar berharga, pahamilah, pelajari lagi, dan terapkan secara sungguh-sungguh.Percayalah bahwa semua prestasi dan kesuksesan yang pernah kita raih bukanlah prestasi kita!!! Tapi itu adalah prestasi Sang Khaliq.

Tidak ada komentar: