New Website www.trend-traders.com

Website baru dengan
bisa dibuka di:
http://trend-traders.com/

The Trend Trader

The Trend Trader

Sabtu, 09 Agustus 2008

Diffusion of Information


Diffusion of Information mencoba menjelaskan kepad kita tentang "value" dari sebuah informasi.
Pada awal sebuah informasi baru ditemukan nilainya sangat tinggi dan hanya sedikit orang yang tahu. Misal perselingkuhan Clinton dengan sekretarisnya, pada awal-awal berita itu tersebar, semua media berani membayar mahal untuk fakta-fakta yang mendukung tapi kalu sekarang anda jual informasi itu ke media, tidak ada media yang mau beli karena sudah tidak ada harganya lagi.

Ilustrasi lain bisa kita ambil pada waktu suatu perusahaan hendak merilis laporan keuangannya, orang-orang yang tahu informasi tentang keadaan perusahan tentu saja orang-orang intern perusahaan tersebut, ketika mengetahui kondisi perusahaan positif mereka akan memberitahu orang-orang dekatnya untuk membeli saham perusahaan mereka dan harga akan bergerak naik (Fase akumulasi). kemudian datang orang-orang auditor dan orang-orang pajak, ketika mereka tahu kondsi perusahaan mereka akan mengambil momentum untuk membeli saham perusahaan tersebut dan harga akan bergerak naik terus,

Ketika orang-orang pers mendapatkan informasi tersebut sebelum jadwal perilisan berita mereka akan mencoba memanfaatkan informasi tersebut Harga sudah mulai merambat naik fase ini masuk kedalam fase partisipasi. Harga sudah naik jauh dan nilai informasi semakin menurun.

Ketika berita tersebut dirilis di berbagai media dan publik semakin banyak yang tahu nila informasi semakin lama menjadi nol sedang harga terus merangkak naik (fase excess) sampai akhirnya ketika banyak orang melakukan aksi jual karena harga sudah dianggap tinggi dan profit sudah cukup maka harga akan cenderung akan berbalik turun (reversal) dan nilai informasi sudah nol.


Thks to: Mr. M. Yusuf (AATI)

Tidak ada komentar: